You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembongkaran Pilih Kasih, PKL Jembatan Item Protes
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

17 PKL Jembatan Item Ditertibkan

Puluhan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Jembatan Item, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur resah. Sebab lapak berjualan mereka akan dibongkar. Padahal, di lokasi yang sama, puluhan PKL lainnya diberikan fasilitas tenda permanen.

Kok yang di tanggul kali malah dibuatkan tenda permanen sedangkan kami mau digusur. Kalau digusur harusnya adil, tidak pilih kasih

Rudy Simbolon (48), salah seorang PKL mengaku sudah mendapatkan surat peringatan ketiga (SP3) dari kelurahan Rawa Bunga pada hari Senin (2/5) ini. Pihaknya kecewa lantaran PKL ditempat lain justru dibuatkan tenda permanen untuk berjualan. Padahal PKL itu posisinya sama sama di pinggir Jalan Bekasi Barat VI.

"Apa bedanya kami dengan mereka, sama-sama jualan di pinggir jalan. Kok yang di tanggul kali malah dibuatkan tenda permanen sedangkan kami mau digusur. Kalau digusur harusnya adil, tidak pilih kasih," ujar Rudy, Senin (2/5).

Sampah Sisa Lapak PKL Jembatan Item Dibersihkan

Menurutnya, di barisannya tempat berjualan ada sekitar 18 PKL. Lapak tempat mereka berjualan di samping tembok Hotel Rio. Sedangkan di tanggul Kali Baru ada 70 PKL yang dibuatkan tenda permanen. Ke 70 PKL itu dikelola dan dinaungi oleh Koperasi Jasa Keuangan (KJK). Namun mereka harus membayar Rp 2,62 juta untuk mendapatkan kios berukuran 1,5x1,5 meter persegi.

Rudy bersama 17 PKL lainnya, sebenarnya ingin masuk gabung ke KJK. Namun tidak bisa, dengan alasan tidak ada tempat lagi.

Lurah Rawa Bunga, Agustinah saat dikonfirmasi mengatakan, kawasan Jalan Bekasi Barat VI memang akan ditata. Karena lahannya sempit jadi tidak semua PKL bisa berjualan di tempat tersebut. Padahal PKL di Jembatan Item jumlahnya mencapai 400 lebih. Mereka akan ditata bertahap mulai dari jembatan samping Hotel Rio hingga Jalan Bekasi Barat seberang Pasar Lokomotif.

"PKL di Jembatan Item itu memang akan kita tertibkan. Tapi sebagiannya ditata dan dirapihkan, kerjasama dengan KJK. Nantinya jalan itu bisa dilintasi mobil sebagai jalan alternatif," tandasnya.

Pantauan Beritajakarta.com, dua petugas Satpol PP kelurahan Rawa Bunga, membagikan selebaran surat peringatan ketiga. Surat diterima oleh sejumlah PKL. Sebagian surat ada yang ditempel di lapak-lapak PKL.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1007 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye944 personAldi Geri Lumban Tobing